HomeNewsSteam, DOTA, dan CS Bakal Dibuka Lagi!

Steam, DOTA, dan CS Bakal Dibuka Lagi!

Masyarakat sempat dihebohkan oleh aksi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yang memblokir beberapa aplikasi, seperti Steam.

Namun, selanjutnya Kominfo menjelaskan dari tujuh aplikasi yang diblokir, ada tiga yang melakukan korespondensi, yakni Steam, game DOTA, dan CS.

Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, menjelaskan bahwa ada harapan tiga aplikasi tersebut untuk melakukan pendaftaran dan dibuka kembali layanannya di Indonesia.

Dalam konferensi pers secara virtual, dirinya berharap masyarakat pengguna game bisa segera kembali mengakses tiga aplikasi tersebut.

Semuel menambahkan pemerintah terus membuka ruang komunikasi bagi perusahaan-perusahaan IT yang ingin ambil bagian dalam ekosistem digital Indonesia.

Pemerintah melakukan pemblokiran terhadap tujuh aplikasi yang belum mendaftar, yaitu PayPal, Yahoo Search Engine, Steam, Epic Games, game CS, game DOTA, dan Origin (EA).

Kominfo membuka akses PayPal untuk sementara waktu karena ternyata cukup banyak masyarakat Indonesia yang memakai aplikasi ini.

Dengan dibukanya PayPal, masyarakat diharapkan bisa segera melakukan migrasi data dan dana ke akun lain terlebih dahulu.

Namun, hingga kini PayPal, Yahoo, Epic Games, dan Origin belum menjalin komunikasi dengan pemerintah Indonesia terkait dengan izin operasi.

Seperti Steam, game DOTA, dan CS, pemerintah berharap aplikasi lain bisa mengambil inisiatif dan menjadi bagian dari ekonomi digital RI.

Kehadiran beragam platform digital akan mendorong masyarakat untuk melek digital dan memiliki daya saing dengan negara lain.

Namun, pemerintah memiliki aturan yang harus ditegakkan oleh aplikasi Steam dan lain-lain, sehingga mereka tetap perlu melakukan pendaftaran.

Artikel menarik lainnya:

TV Analog Adalah Masa Lalu, Penghentian Siaran Tahap I Mulai 30 April 2022

BRI Borong 8 Penghargaan di PR Indonesia Awards 2022

Cara Cek Saldo ATM BRI Anti Ribet

Reananda Hidayat Permono
Reananda Hidayat Permono
Menyelesaikan Master Degree dari Curtin University, Perth Australia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Cara Beli Token Listrik di Livin Mandiri

Nasabah Mandiri pengguna mobile banking perlu mengetahui cara beli token listrik di Livin Mandiri kuning jika membutuhkannya sewaktu-waktu. Bank Mandiri sendiri telah meluncurkan aplikasi Livin...

Email: redaksi@exploraphones.com Toko Online kami: Shopee I Tokopedia I Bukalapak I Lazada I TikTok I Blibli I Sosial Media: Facebook I Twitter I Instagram I YouTube