HomeNewsPengertian dan Tujuan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Menurut Permendikbud nomor...

Pengertian dan Tujuan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Menurut Permendikbud nomor 18 tahun 2016

MPLS atau yang biasa dikenal Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan salah satu kegiatan yang wajib dan biasanya dilakukan oleh peserta didik (siswa) saat masuk sekolah pada awal tahun ajaran baru.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dulunya dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) yang kemudain diubah dengan diterbitkannya (Permendikbud RI Nomor 18/2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) biasanya dilakukan di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), sedangkan pada tingkatan universitas atau perguruan tinggii kegiatan ini biasa dikenal dengan sebutan OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus).

Tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Terdapat banyak tujuan dari kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, antara lain dapat dijadikan sebagai ajang untuk siswa dapat melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan.

Selain itu MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut, baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu.

Selain dua tujuan diatas terdapat tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menurut Permendikbud nomor 18 tahun 2016, yaitu :

1. Tujuan yang pertama adalah untuk mengenali potensi diri siswa baru,

2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah merupakan tujuan kedua dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

3. Tujuan berikutnya adalah menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru

4. Tujuan yang keempat adalah agar mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya,

5. Menumbuhkan perilaku positif dari dalam diri siswa antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong merupakan tujuan terakhir dari MPLS.

Konten menarik lainnya:

Cara Transfer Uang di ATM BRI dengan Mudah

Syarat Daftar BLT Pelajar Sekolah Rp 2,2 Juta

Skill yang Dapat Diperoleh Dalam Sebuah Bisnis Fotografi Adalah

Alexander
Alexander
Hobi menonton pertandingan olahraga, seperti sepak bola, dan badminton, yang kemudian dituangkan dalam tulisan di Exploraphones.com.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli