HomeNewsRamai Challenge Natto, Yuk Kenal Lebih Jauh Proses Pembuatan dan Manfaat Natto

Ramai Challenge Natto, Yuk Kenal Lebih Jauh Proses Pembuatan dan Manfaat Natto

Akhir-akhir ini sedang ramai tantangan memakan natto di media sosial terkhusunya di Tiktok menggunakan hashtag #nattochallange atau #tantangannatto.

Tidak hanya influencer saja bahkan banyak warganet yang mencoba tantangan memakan natto dan mempostingnya di sosial media mereka masing-masing.

Challenge natto yang lagi ramai di sosial media dapat dibilang sederhana, yang perlu dilakukan adalah membuka bungkusan natto setelah dibuka natto diaduk, berikan kecap atau shoyu, mustard, daun bawang, dan bumbu-bumbu lain sesuai selera setelah itu langsung dimakan.

Natto sendiri merupakan makanan tradisional dari jepang, yaitu kedelai yang difermentasikan, natto memiliki karakteristik berserabut, berlendir dan lengket.

Karakteristik natto yang berserabut, berlendir dan lengket membuat siapa saja yang pertama kali mencobanya akan merasa canggung dan aneh, tak hanya karakteristinya saja bau dari natto juga cukup menyengat.

Pada awalnya natto dibuat dengan membungkus kedelai rebus pada jerami padi yang mengandung bakteri bacillus subtilis di permukaannya, bakteri tersebut kemudian memfermentasi gula dalam kacang yang akhirnya menghasilkan natto.

Pada awal abad ke-20, bakteri B. subtilis diidentifikasi, lalu diisolasi ilmuwan guna memodernisasi metode pembuatan natto dan kini jerami padi diganti dengan kotak styrofoam di mana B. subtilis bisa langsung ditambahkan ke kedelai rebus untuk proses fermentasi.

Natto juga memiliki banyak nutrisi, seperti protein, vitamin, dan minerals yang baik untuk tubuh, selain itu mengkonsumsi natto juga dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas pencernaan.

Masih terdapat banyak manfaat dari mengkonsumsi natto untuk kesehatan tubuh, seperti membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan otak, serta mengurangi risiko kanker.

Mengkonsumsi natto memang baik untuk tubuh namun bagi yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau memiliki masalah tiroid, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter.

Dapat dikatakan mengikuti challenge memakan natto di sosial media juga termasuk salah satu challenge yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Konten menarik lainnya:

4 Kesalahan Promosi di Media Sosial yang Harus Dihindari, Agar Jualan Laku

Cara Tarik Tunai Lewat ATM BRI dengan Sangat Mudah dan Aman

Syarat Mencairkan Bansos Anak Sekolah Rp 3,4 Juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Cara Top Up DANA Lewat ATM Mandiri, Gampang Sekali

Nasabah Mandiri yang menjadi pengguna platform e-wallet DANA bisa menerapkan cara top up DANA lewat ATM Mandiri yang sederhana dan aman. Transaksi lewat ATM menjadi...

Email: redaksi@exploraphones.com Toko Online kami: Shopee I Tokopedia I Bukalapak I Lazada I TikTok I Blibli I Sosial Media: Facebook I Twitter I Instagram I YouTube