HomeBRI NewsBRI Ventures Rilis Dana Ventura Untuk Kembangkan UMKM Rintisan Digital

BRI Ventures Rilis Dana Ventura Untuk Kembangkan UMKM Rintisan Digital

BRI Ventures yang merupakan Corporate Venture Capital milik Bank BRI meluncurkan Dana Ventura Sembrani Nusantara di Jakarta.

Produk ini diproduksi untuk memberi kemudahan akses permodalan awal untuk UMKM rintisan berbasis teknologi atau sering disebut startup.

Sembrani Nusantara telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

 Melalui produk ini, BRI Ventures memberi target pengumpulan dana investasi senilai Rp 300 miliar dari para investor, yang berasal pengelola dana investasi, perusahaan swasta, atau BUMN, dan nantinya akan disalurkan dalam bentuk penyertaan saham kepada startup di Indonesia

Nama Sembrani Nusantara dipilih karena merupakan simbol filosofis startup di masa mendatang.

Sembrani atau kuda tunggangan Batara Wisnu dalam cerita pewayangan merupakan representasi Unicorn, tetapi dengan kearifan lokal.

Hal ini sesuai dengan fokus demografi startup yang berasal dari penjuru dunia.

Dana Ventura Sembrani Nusantara merupakan wujud nyata komitmen BRI Ventures dalam mendukung pertumbuhan ekosistem digital, sesuai dengan moto mereka “Unlocking Nusantara Potential” dan filosofi investasi “value over valuation”.

Fokus BRI Ventures adalah mencari bisnis dengan fundamental yang kuat, sehingga pendanaan hanya akan disalurkan untuk startup yang sudah memiliki produk, menghasilkan pendapatan, dan memiliki strategi bisnis yang menuju profit.

Fokus utama Sembrani Nusantara menyasar 5 sektor, disingkat menjadi EARTH, yang meliputi sektor Pendidikan (Education), agro-maritim (Agro-Maritime), ritel (Retail), transportasi (Transportation), dan Kesehatan (Health) di seluruh Indonesia.

Menurut Nicko Widjaja, Chief Executive Officer BRI Ventures, Dana Ventura sendiri merupakan salah satu pionir Indonesia dengan target investasi utama UMKM berbasis digital (Sindonews.com, 05/07/2020).

Harapannya, industri ini akan semakin terbuka dan bersama-sama mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital.

Kehadiran Dana Ventura Sembrani Nusantara diharapkan mampu mengakselerasi ekspansi startup lokal dengan menghadirkan beberapa produk atau jasa yang berbasis digital, baik secara online maupun offline.

Patrianto Galugu
Patrianto Galugu
Menyelesaikan Sarjana Ekonomi dari UKDW Yogyakarta untuk Program Bisnis/Akuntansi. Penelitiannya Mengenai Auditing Mendapatkan Penghargaan "Best Paper" di Simposium Riset Ekonomi.

Beriklan di Consensusg.com, menjangkau 445.754 pengunjung bulanan, dengan tampilan halaman 742.750, chat WhatsApp di +6287838034348. Email: editorial@consensusg.com Advertise I About I Privacy I Facebook I WhatsApp Channel ITwitter I Instagram I YouTube I Pinterest I Toko Kami: TikTok I Shopee I Lazada I Tokopedia I Bukalapak I BliBli