HomeBisnisHati-hati, Ini Faktor-faktor yang Menyebabkan Akun Google Dinonaktifkan!

Hati-hati, Ini Faktor-faktor yang Menyebabkan Akun Google Dinonaktifkan!

Bukan tanpa alasan pembuatan Google Bisnis harus dilakukan dengan benar. Dari pengisian data yang valid hingga verifikasi akun. Untuk apa verifikasi Google? Langkah ini dilakukan untuk memastikan Anda memenuhi persyaratan dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Tanpa verifikasi, Anda bukan tak bisa mengakses fitur-fitur di akun bisnis, tetapi berisiko kena sanksi seperti penangguhan atau penghapusan akun. 

Penyebab akun Google dinonaktifkan

Kapan akun Google dinonaktifkan? Berdasarkan laman Bantuan Akun Google, berikut beberapa faktor yang menyebabkan akun ditangguhkan selain pelanggaran kebijakan:

  • Peretasan akun yang dilaporkan pemilik atau terdeteksi pihak Google;
  • Penyalahgunaan layanan-layanan Google untuk tindakan kriminal;
  • Penggunaan identitas palsu untuk melakukan penipuan;
  • Spamming ke pengguna lain;
  • Penyebaran malware sampai phising untuk pencurian data yang bersifat sensitif;
  • Pemakaian bot dan program untuk membangun akun palsu.

Jika penonaktifan terjadi, berapa lama akun Google ditangguhkan? Dalam sejumlah kasus, Google akan menahan akun tersebut selama 24 jam sebelum memulai proses pemulihan. Sambil menunggu, Anda dapat mengikuti panduan dari Google supaya akun bisa kembali diakses.

Hilangnya akun bisnis akan mempengaruhi berbagai aspek. Termasuk di antaranya kenapa toko saya tidak muncul di Google Maps. Dalam hal ini, penyebab lain yang perlu Anda antisipasi adalah akun yang belum diverifikasi atau perlu diperbarui data-datanya. 

Memelihara akun bisnis agar tak ditangguhkan

Google biasanya akan memastikan data-data yang dipakai untuk mendaftar memang milik Anda  sebagai pihak pengelola. Kalau dibutuhkan, Anda juga disarankan mengganti password atau memasukkan email alternatif sebagai antisipasi. Hanya saja pembaruan untuk data-data di Google Bisnis kini perlu dilakukan melalui desktop mengingat versi aplikasinya sudah dihentikan.

Kenapa aplikasi Google Bisnis hilang? Sejak 2022, Google lebih memfokuskan layanan bisnis ke penelusuran di Google Maps. Pasalnya, konsumen cenderung memakai aplikasi tersebut saat akan mencari lokasi bisnis sampai mencari ulasan dari para pelanggan. 

Untuk itu pula Anda selaku pebisnis harus rutin memelihara akun bisnis. Tujuannya selain menarik audiensi juga untuk mencegah risiko penangguhan akun.

Konten menarik lainnya:

Ingin Bisnis Anda Lebih Banyak Pelanggan? Daftarkan Usaha Anda dalam Google Bisnis

Promosi Gratis Lewat Google Bisnis Agar Bisnis Anda Mudah Ditemukan

Kartu Prakerja Gelombang 19 Sudah Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Patrianto Galugu
Patrianto Galugu
Graduated Economics from DWCU Yogyakarta. His auditing research was awarded the best paper at the Economics Research Symposium.

Popular

Pilihan iPhone Seri Lama yang Masih Diminati

0
Hp iPhone terbaru seperti iPhone 14, iPhone 13, dan iPhone 12 saat ini memang masih dibanderol dengan harga di atas Rp 10 juta untuk...

Email: redaksi@exploraphones.com Advertise I About I Privacy I Facebook I Twitter I InstagramI Pinterest